Wednesday, February 10, 2010

Kunjungan Rutin " Hiu Tutul " Tiap tahun Ke Probolinggo

Setiap tahun, sejumlah hiu tutul atau Rhincodon typus tampak di perairan kabupaten probolinggo,jawa timur. Fenomena ini menjadi menarik karena kemunculan satwa laut yang langka ini, selalu terjadi selama  bulan januari - maret. Tahun ini sejumlah hiu tutul tampak berenang sampai ke permukaaan air di perairan laut kabupaten probolinggo.para nelayang sering kali melihatnya.

ecocean, organisasi nirlaba yang fokus pada penelitian dan kampanye penyelamatan hiu tutul ( whale shark) tertarik mendokumentasikan kejadian fenomena ini.oraganisasi yang berpusat di perth, australia,tersebut mengirim seoarng peneliti guna mendokumentasikan dan melakukan penelitian terhadap hiu tutul.

Dalam hal ini, perairan probolinggo,indonesia, termasuk satu dari sekitar 10 negara didunia yang setiap tahun di jadikan persinggahan hiu tutul.Yanng menarik disini periode nya tetap sama di setiap tahunnya.Darcy Bradley mengatakan " di tempat lain periodenya tidak tetap dan tidak tentu.Sebagian besar kemunculan ikan yang panjangnya bisa mencapai 12 meter dan beratnya sampai 21 ton itu sifatnya acak. Selain di probolinggo,hiu tutul juga kerap menyinggahi di Ningaloo(australia) , Donsol (filipina) , Isla Mujares (meksiko) Mozambik dan kepulauan Maladewa.

Menurut darcy" hiu tutul itu datang untuk mencari Plankton,belum di ketahui dari perairan mana asla habitat hiu itu.Adapun habitatnya di perkirakan di perairan tropis..

Hiu tutul adalah salah satu hewan langka yang ada dunia, dengan keberadaanya hiu tutul menjadi penting karena bisa menjadi indikator kualitas ekosistem laut. Dalam laporan International Union For Coservation Of Nature (IUCN) hiu tutul masuk dalam daftar merah,satwa yang umurnya bisa mencapai 70 tahun itu rawan punah.

wah berarti kita semua wajib untuk mejaga ekosistem kelautan,agar hiu tutul tidak punah, setidaknya menjaga yang ada demi kelangsungan ekosisitem kelautan.Mari kita galakan untuk lebih menyayangi lingkungan kita..
 

Artikel terkait



0 comments:

Ratapu Band ( my band )

Followers

Personal Top Blogs Bloggers & Blogging Blogs - BlogCatalog Blog Directory Page Rank blog-indonesia.com Add to Technorati Favorites
Copyright 2010 | Berita Teknologi supported by blogger