Thursday, September 3, 2009

Pulau JAWA Bergoyang ( gempa tasikmalaya)

SubhanALLAH..... itulah kata yang pertama ane ucapkan. kemarin pukul 14.55 wib PULAU JAWA BERGOYANG!!?? ( alias GEMPA BUMI) tepatnya atau pusat gempa berada di kota TASIKMALAYA. Benar-benar suatu kejadian yang tak di duga sebelumnya.

Meski demikian jumlah ini dikhawatirkan terus bertambah karena laporan sebelumnya yang diterima Redaksi Kompas.com dari Kecamatan Cibinong, Cianjur, menyebutkan sedikitnya ada 13 jenazah ditemukan tertimbun longsoran tanah dan batu yang menimpa perumahan warga. ( gambar: Proses evakuasi korban yang tertimbun longsor paska gempa di Desa Cicangkareng, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur, Kamis (3/9). Evakuasi sulit dilakukan karena material longsoran berupa batu-batuan.)

Selain itu, sebanyak 10 orang yang ditemukan mengalami luka berat dan 137 orang luka ringan.

Data sementara jumlah pengungsi sebanyak 450 jiwa di Kabupaten Tasikmalaya dan 180 jiwa di Kabupaten Kuningan.

Selain korban jiwa, bencana ini juga mengakibatkan ribuan rumah rusak berat dan rusak ringan.

Data Pusdalops BNPB menyebutkan sebanyak 8.835 unit rumah rusak berat dan 10.106 unit rumah rusak ringan terdapat di 10 kabupaten/kota. Data kerusakan terbanyak terdapat di Kabupaten Ciamis sebanyak 5.085 unit rusak berat dan 6.211 unit rusak ringan.

Sementara itu, di Kabupaten Garut tercatat sebanyak 965 unit rumah roboh/rusak berat, 1.840 unit rumah rusak ringan, dan 298 unit sekolah, 160 unit tempat ibadah, serta 14 unit kantor juga mengalami kerusakan.

Selain di Jawa Barat, dampak gempa juga terjadi di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah, sebanyak 300 unit rumah rusak berat dan 282 unit rusak ringan.

(Lokasi longsor akibat gempa yang mengubur permukiman di Desa Cikangkareng, Cibinong, Kabupaten Cianjur, Kamis (3/9).)

Sejauh ini BNPB telah mengirimkan Tim Reaksi Cepat bersama Depsos dan Depkes ke lokasi kejadian bencana gempa bumi di Jawa Barat dengan membawa bantuan berupa: tenda pleton 40 unit, tenda regu 80 unit, tenda keluarga 100 unit, tenda gulung 1000 unit, alat dapur 400 set, sandang 400 unit, kidware 400 unit, family kid 400 unit, selimut 1000 buah dan tikar 1.000 lembar.( sumber: situs resmi kementrian koordinator bidang kesejateraan rakyat)

( Polisi mengevakuasi korban tewas tertimpa longsor akibat gempa di Desa Cikangkareng, Cibinong, Kabupaten Cianjur, Kamis (3/9). Foto diambil dari Kompas.com)

Sedih hati melihat ini semua.. mari teman- teman, kita panjatkan doa untuk mereka yang tertimpa bencana Gempa ini.. semoga mereka yang di tinggalkan oleh anggota keluarga mereka bisa ikhlas menerima semua ini. Dan bagi mereka yang telah menjadi korban,mudah2an semua amal perbuatannya di terima di sisi TUHAN YME. amin..

Artikel terkait



0 comments:

Ratapu Band ( my band )

Followers

Personal Top Blogs Bloggers & Blogging Blogs - BlogCatalog Blog Directory Page Rank blog-indonesia.com Add to Technorati Favorites
Copyright 2010 | Berita Teknologi supported by blogger