Friday, July 3, 2009

nokia E 90 it's verry good!!

NOKIA E 90


Identitas ponsel nokia seri communicator yang biasanya menggunakan seri empat angka, kini tidak lagi. Pabrikan ponsel asal Finlandia ini justru memberi identitas pada seri communicator teranyarnya dengan seri E yang notabene adalah sebagai ponsel kantoran alias enterprise. Bernama E90, Nokia berharap pada seri satu ini mampu untuk memenuhi seluruh kebutuhan orang kantoran dan pebisnis.

Seri E90 banyak dinanti pengguna ponsel di Tanah Air khususnya yang gandrung akan tipe communicator. Banyaknya kejutan yang diusung seri ini menjadi alasan mengapa banyak yang menunggu kehadirannya. Salah satu kejutan selain penggunaan seri E pada ponsel ini adalah pemakaian pemakaian UI S60 3rd edition, tidak lagi S80 seperti yang digunakan Communicator 9500. Secara keseluruhan, E90 memang membawa penyempurnaan sebagai perangkat mobile office yang mumpuni, berkat dukungan fitur dan aplikasi paling lengkap yang pernah ada.
DESAIN
Seri terdahulu masih menggunakan bahan plastik untuk body-nya. Kini seri E90 telah menggunakan bahan metal yang tentunya lebih berkualitas. Kesan mewah akan makin kentara pada penampilannya. Ada pilihan warna mocha yang makin membuat penampilan penggunanya lebih eksklusif dan keren. Selain keren dalam hal tampilan, seri ini juga tetap memiliki kemampuan lebih sebagai perangkat kantoran dengan fitur mobile office-nya.

LAYAR
Aspek screen menjadi salah satu titik penyempurnaan. Layar luarnya tidak lagi sebuah layar sempit monochrom yang menjemukan. Kini E90 memakai layar lebar 30 x 40 mm (resolusi 240 x 320 pixels) jenis TFT 16 juta warna. Bayangkan kenyamanan mata saat menatap tampilan di layar luar. Sementara layar dalam PDA-nya yang berukuran 43 x 92 mm, juga memakai TFT screen 16 juta warna. Ketajaman layar ini, terbukti mendukung kenyamanan mata saat membuka aplikasi semacam navigasi, internet dan sebagainya.
KEYPAD & TOMBOL
E90 menggunakan konsep keypad baru, yakni qwerty pad dengan tombol yang berkontur (timbul), sehingga makin memudahkan saat mengetik. Apalagi didukung dengan kelemputan tombol. Ukuran tombol memang lebih kecil dari seri 9500, serta ruang keypad juga lebih kecil. Tetapi dengan bantuan keypad berkontur dan soft pad itu, kenyamanan dan kemudahan mengetik masih terjaga. Pada E90, ada beberapa tombol (dalam) yang ada di seri 9500, tapi tak ada di seri ini. Antara lain, tombol menu, arrow keys, esc. Tapi ada penambahan fungsi tombol, seperti volume control dan lampu.
USER INTERFACE
Nokia E90 menggunakan UI series 60. Kita bisa mengoperasikan seluruh fiturnya lewat dua layar, yakni bagian dalam dan luar. Beda dengan seri communicator terdahulu, menjalankan berbagai aplikasi seri E90 ini bisa dilakukan lewat layar bagian luarnya, tanpa harus membuka cover. Tampilan pada layar bagian luar ini sama dengan tampilan pada layar Nokia N73 yang sama-sama masuk kelompok series 60. Pengoperasiannya sangat mudah dan nyaman khususnya bagi pengguna yang sudah familiar dengan ponsel-ponsel nokia.
KAMERA
Communicator ini telah dibekali dengan kamera 3,2 MP. Fitur kameranya sudah tampil lengkap lengkap dengan flash light dan kemampuan auto focus. Pilihan setting untuk memaksimalkan hasil foto juga tersedia, seperti contrast, white balance, ISO, zoom, scene mode (portrait, close up, landscape, sport, night), dan sebagainya. Seri ini pun sudah dibekali kamera kedua yang ada dibagian dalam –saat cover dibuka-. Fungsi kamera kedua ini adalah untuk mendukung komunikasi video call.
VIDEO
Fasilitas video recordernya juga bisa diandalkan. Lamanya waktu rekam alias durasinya sangat tergantung dengan daya tampung memori yang kita gunakan. Makin banyak memori yang kosong khususnya memori eksternal, maka makin panjang pula waktu rekamnya. Untuk menghasilkan kualitas video yang baik kita bisa memilih kualitas TV high quality.
INTERNET
Tak ada lagi yang perlu diragukan khusus teknologi ini. Untuk koneksi ke dunia maya alias internet, saat ini seri ini sudah tampil lengkap. Ada GPRS, EDGE, dan 3G. Nah, kalau dirasa masih kurang cepat, kita bisa memaksimalkan teknologi HSDPA yang bisa ngebut berselancar hingga 3,6 mbps. Bila kita sedang berada di area hot spot, maka kita bisa menggunakan jalur koneksi Wi Fi.
HIBURAN
Jenuh melakukan pekerjaan kantor, aktifkan saja music player, dan dengarkan senandung merdu lagu-lagu pilihan. Kualitas suara 3D sound loud speakernya, benar-benar jernih, meski set volume tak bisa hingga benar-benar menggelegar. Kalau mau, pasang saja headset, kabel maupun bluetooth, dan rasakan sensasi musik 3D sound di telinga. Selain music player, tersedia pula radio FM dan game.
TRANSFER DATA
Melakukan transfer data dari dan ke perangkat ini bisa dengan mudah dilakukan. Perangkat transfer data yang dimiliki seri ini tergolong sangat legkap. Selain infrared, seri ini juga sudah dibekali dengan bluetooth. Kalaupun hendak menggunakan kabel, slot mini USB juga sudah tersedia untuk terkoneksi ke PC atau notebook.
GPS dan NAVIGATOR
Aplikasi penentu lokasi sudah pula ditanamkan di E90. Dengan dukungan smart2go, peta dari berbagai ibukota negara di dunia bisa didapatkan. Termasuk Jakarta, dengan detil yang cukup akurat. Dengan fitur ini, E90 bisa menjelma menjadi perangkat penunjuk arah (router). Cukup masukkan koordinat lokasi start, lalu koordinat lokasi tujuan, maka router akan menunjukkan jalan-jalan yang harus dilalui. Kalau ketanggor macet, kita bisa men-set ulang dengan rute alternatif berdasarkan peta yang ada.
MESSAGING
Ada salah satu fungsi messaging yang tak disertakan pada seri communicator ini yakni fax. Seri E90 menanggalkan fungsi fax yang merupakan salah satu fitur unggulan dan kebanggaan ponsel-ponsel communicator sebelumnya. Namun untuk fitur messaging yang lain termasuk email, seri ini tampil cukup lengkap. Salah satunya adalah Nokia Intellisync Wireless Email. Sebuah full fitur lengkap aplikasi e-mail nirkabel, yang memungkinkan kita dengan mudah dan cepat, mengakses e-mail, kalender, kontak, notes dan list aktivitas, dari ponsel. Juga bisa digunakan untuk email server versi lama, semacam Exchange 5.5 dan 2000.
BATERAI
Menggunakan baterai jenis lithium polymer berkekuatan 1500 mAh, seri ini diharapkan memiliki daya tahan yang cukup lama baik standby maupun beroperasi non stop. Saat diuji coba, ponsel ini mampu bertahan hidup untuk standby hingga 10 hari, sedangkan waktu beroperasinya mencapai 4,5 jam.
KINERJA
Untuk kinerjanya sebagai ponsel khususnya voice call, berjalan cukup baik. Penangkapan sinyal yang stabil, membuat percakapan menjadi lancar, dan suara yang terdengar pun jelas di telinga. Kita bisa memilih menggunakan speakerphone, biar tak harus menempatkan ponsel di telingan saat melakukan voice call. Sementara video call, hanya bisa dilakukan dengan folder yang terbuka. Karena, lensa untuk video call terdapat di folder dalam, di sebelah layar. Bisa juga, sebenarnya melakukan video call dalam keadaan folder tertutup. Namun lawan bicara, tak bisa melihat wajah kita.

gimana keren kan ?? pasti donk..heheheh
Technorati Profile

Artikel terkait



0 comments:

Ratapu Band ( my band )

Followers

Personal Top Blogs Bloggers & Blogging Blogs - BlogCatalog Blog Directory Page Rank blog-indonesia.com Add to Technorati Favorites
Copyright 2010 | Berita Teknologi supported by blogger